Kamis, 09 Agustus 2012

Katakan TIDAK Pada MALAS

tamitaminia.blogID.net

Katakan TIDAK Pada MALAS
 
“La..la..la..la..la..panas aja ya hari ini, matiin dong lampunya”, oceh gue yang kepanasan saat berangkat ke sekolah.
“Ha? Matiin lampu? Lo kira di dalem ruangan apa Rex?”, celetuk best friend gue yang setia banget nemenin kemana pun gue pergi termasuk ke sekolah walaupun hanya jalan kaki.... ahahah maklum aja irit ongkos ciinnn.
“Ohoho gue kira di dalem ruangan”
“Sarap lo ahh Rexsa!”
“Hah kok urap sih Bel?”, jawab gue dengan tampang polos tak berdosa.
“Eh pe’a bukan urap tapi S to the A to the R to the A to the P and SARAP”, teriak Bella tepat ke arah telinga gue.
“Sumpah bel, suara lo itu udah kayak speaker  masjid tau! Kenceng banget, buset dah budeg bisa gue BELLA”, kesel gue pada Bella.
“Sorry deh Rex, udah kenapa cemberut jangan”
“Jangan cemberut Bella bukan cemberut banget, oon ihh kamu nya, Peace”

          ~SEKOLAH~
          “Pak..pak..pak..tunggu...jangan ditutup dulu kenapa, kita kan belom masuk nih”, bilang Bella
“Bapak ngga mau neng, nanti bapak di marahin sama kepala sekolah lagi, ngga berani bapak neng”
“Yah bapak mah gitu, ayo dong pliss ya ya ya, bapak ganteng deh”, rayu gue sama Bella sambil nunjukin muka melas nya.
“Saya ngga berani neng Rexa, neng Bella, kalian teh udah sering datang telat. Bapak teh di omelin terus atuh sama guru nya eneng-eneng ini”, jelas pak satpam.
Tiba-tiba someone yang ngga pengen banget kita liat pagi ini dateng nyamperin gue sama Bella.
“Ada apa ini?”, tanya Bu Sisil guru killer yang super jutek abis.
“Ini bu mereka berdua telat lagi”, papar Pak satpam.
“Kalian ini selalu saja telat, harus berapa kali saya peringatkan, jangan lagi datang terlambat! Kalian tau apa akibatnya kan?”
“Tau Bu...tapi kita telat kan ada alasan nya juga, kita telat bukan tanpa alasan”, mohon-mohon sama Bu Sisil sambil tarik-tarik tangannya.
“Saya tidak mau tau alasan kalian, dan saya juga yakin alasan kalian selalu sama seperti yang sebelumnya, benar kan kalian telat karena ke sekolah dengan JALAN KAKI”, kasih tau Bu Sisil pada kita.
“Betul itu ibu”, bodohnya Bella menjawab.
“Bagus kalau begitu, kalian lari keliling lapangan sebanyak 10 putaran dan berdiri di di depan tiang bendera selama 3 jam mata pelajaran sekolah, mengerti?”, suruh Ibu Killer.
“Tapi bu.....”
“Tidak ada tapi-tapian, apa kalian mau saya tambah hukuman kalian?”
“Jangan bu...yah masa ditambah sih”
“Ya sudah kalau begitu lakukan sekarang, ayo?”
Pagi itu juag tepat pukul 08:00am gue bersama Bella lari keliling lapangan dan berdiri di depan tiang bendera selama 3 jam mata pelajaran lamanya. Nasib kalau sekolah jalan kaki, selalu datang terlambat dan kena hukum. Tapi mau bagaimana lagi, memang ini ada nya.
“Bella..stop dulu kenapa, cape gue nih, sumpah pegel”, panggil gue ke Bella yang lari di depan gue.
“Ayo dong Rexsa masa baru 5 putaran udah cape sih, mana Rexsa yang kuat?, jalan kaki dari rumah ke sekolah lo kuat. Ketimbang lari 10 putaran aja nyerah”, ledek Bella.
“Wah..parah lo Bel, gila ya itu kaki ngga cape apa?, ngga lemes apa? Kuat aja itu kakinya!”, sambar gue yang kelelahan sambil mengusap keringan yang berkucuran di dahi ini.
“Udah ayo lari lagi, tanggung setengan putaran lagi Rexsa, GO REXSA GO.. GO REXSA GO.. GO REXSA GO..”, Bella menyemangati.
“Nah sekarang kita tinggal berdiri aja deh Rex”, senyum Bella.
“What?,, TINGGAL BERDIRI?, wah parah ini anak, cape gue, udahaan ajalah, nyerah nyerah nyerah”, gue yang mengangkat tangan  dengan wajah berlumuran keringat.

          Setelah cappe berkeringat-ringat ria and berdiri di depan tiang bendera di bawah terik matahari, akhir nya selesai juga. Kebetulan pas waktu jam istirahat hukuman gue berakhir.
Laper banget rasa nya perut gue, udah pada konser nih semua cacingnya.
“Cacing-cacing di perut curi semua nutrisi”, nyanyi gue di depan Bella.
“Kenapa lo Rex?
“Laper gue Bella, makan yuk, kantin lah”
“Ya sudahlah, ayukk kita lets go”
          Sehabisnya istirahat gue sama Bella masuk kelas, rasa nya ngga ingin belajar. Lebih baik tidur saja untuk hari ini di sekolah, lagi pula gurunya belum datang ke kelas.
“Rexsa?”, bisik Bella
“Rexsa?”, bisik Bella lagi
“Rexsa?”, (?)
“Apaan sih Bel, lo ngga liat apa gue lagi tidur ini?”, sahut gue sambil pukul orang yang ada di samping gue.
“Ada apa sih Bella?”
“Gimana tidur nya Rexsa Abiella? Nyenyak? Enak yah jam pelajaran kamu gunakan untuk tidur!, berdiri di depan kelas sekarang juga!”, tegas Bu Kristine pada gue yang kusam.
Tanpa basa-basi langsung saja gue maju ke depan kelas dan beridri selama jam pelajaran ibu Kristine. Sumpah ya seumur-umur ngga pernah namanya REXSA ABIELLA tidak kena hukuman, selalu saja kena. N A S I B.
“Rexsa, duduk!”, suruh bu Kristine.
“Baik Laoshi (sebutan guru dalam bahasa mandarin)”
“Ok pelajaran hari ini cukup sampai disini, pelajari apa yang sudah tadi kita bahas, untuk tugas kalian di rumah kerjakan halaman 23 paket A, dan untuk kamu Rexsa tuliskan saya kalimat ^SAYA BERJANJI TIDAK AKAN TIDUR SAAT PELAJARAN MANDARIN ^ sebanyak 1000 kalimat, Dong le (dibaca TUNG LE) kamu Rexsa?”
“Mengerti Laoshi ..”

          ~Bel waktu pulang sekolah telah berdentang~
          ~TENG..TENG..TENG..~
          Tidak mau ketinggalan film favorit tayang, tanpa pamit dengan Bella, guue langsung pergi begitu saja meninggalkannya. Ini sudah biasa di alami Bella kalau gue tinggal saat pulang sekolah. Jadi, dia tidak akan marah sama gue.
Sesampainya dirimah, gue langsung bersiap diri duduk manis di depan layar tercinta. Menyaksikan film favorit idaman ABG seperti gue ini. Pemutaran waktu film itu lumayan memakan waktu, karena keasyikkan nonton, gue sampai lupa kalau ada tugas yang belum gue kerjakan.
Waktu sudah menunjukan pukul 4 sore. Baju sekolah masih gue pakai, pekerjaan sekolah belum gue kerjakan, pekerjaan rumah belum gue laksanakan.
“UMAGA...tugas ibu Kristine belum gue kerjain nih, mati aja”, celetuk gue kelimpungan mondar-mandir sambil garuk-garuk kepala.
“Duh gimana nih gimana, sumpa bingung aja gue” sejenak berpikir
 ~TING~ “ Kenapa ngga minta bantuan sama Bella aja?”
“Ahahah iya bener—bener minta bantuan sama dia, dia kan pinter tuh sama pelajaran mandarin, kalo gue sedikit kurang pintar”
“Oke gue telepon dia aja sekarang”
~telepon~
KRING..KRING..KRING
“Halo Rex”
“Bel..Bel..Bel tolongin gue dong please”
“Tolongin apaan Rexsa?”
“Tolong buatin tugas mandarin yang tadi dong, ayo lah”
“Ngga ahh gue ngga mau, nanti ketauan sama bu Kristien gimana? Lo kan tau sendiri dia itu ngga percayaan orangnya”
“Ya mau gimana lagi? Gue harus minta bantuan sama siapa lagi kalo bukan lo sahabat gue satu-satunya”
“Emangnya lo dari tadi ngapain aja sih? Sampe-sampe belom bikin tugas?”
“Eheheh biasa lah”
“Iya i know that”
“Thanks Bella ku sayang, muach”
“Iya, bye”
“Bye to sayang”

          Sementara Bella mengerjakan tugas gue, gue yang dikamar sibuk sendiri menulis kalimat ^SAYA BERJANJI TIDAK AKAN TIDUR SAAT PELAJARAN MANDARIN^ sebanyak 1000 kalimat. Benar-benar tega ibu Kristine menghukum gue dengan hukuman seperti ini. Bisa keriting kalau begini caranya tangan cantik imut ku ini.
“Cape nih, banyak banget kalimatnya, baru juga dapet 100 kalimat”,gue yang mengeluh “ggimana 1000 kalimat? Segini aja udah keriting”
“Rexsa..makan”, teriak nyokap di depan pintu kamar gue yg tertutup rapat.
“Iya mah sebentar lagi, lagi tanggug nih”
“Mama tunggu di ruang makan ya, jangan lama-lama kamu”
“Sip bos cantik’
~Meja Makan~
“Lama banget kamu dek?”, tanya kakak perempuan gue
“Ehehe iya nih ka”, jawab lesu
“Pasti lo di hukum lagi yah terus di suruh tulis 1000 kalimat sama guru lo itu dek?”, tebak kakak laki-laki gue yang bawel.
“Sudah sudah makan dulu sana ada mie ayam sedap”, nyokap menyuruh.

          Pagi menghentikan mimpiku, jangankan mimpi, tidur aja belum. Tugas belum tau hasilnya sudah selesai apa belum. Kalau hukuman itu, ya pastii belum, masih kurang 230 kalimat lagi. Tak sanggup tanganku menulis kalimat sebanyak itu. Biarkan saja kalu nanti ibu Kristine memarahi ku. Sudah bisa setiap hari nya.
~sekolah~
“Gimana tugas lo?”, tanyya Bella
“B E L U M”, jawab gue enteng
“Wah parah lo Rex, kalau ibu Kristine ngamuk gimana? Nanti lo malah jadi di tambah itu hukumannya”, papar Bella
“Biarin aja lah, gila aja ya itu orang kasih tuggas sebanyak itu ke gue, dia kira gampang apa”, omel gue
“Sabar lah sabar”
~kelas~
“Rexsa bagaimana tugas yg Laoshi suruh kamu kerjakan?”
“Ini Laoshi..”, sambil menyerahkan tugas yang belum selesai
“Kenapa baru 770 kalimat saja?”, tanya ibu Kristine
“Semalam saya ketiduran Laoshi, jadi tugasnya belum selesai”, jelas gue
“Kalau tugas yang satu nya?”
“Ini Laoshi”
“Benar ini kamu yang mengerjakan?”
“Benar Laoshi”
“Coba kamu kerjakan nomor 5”
*waduh gue kan ngga ngerti sama sekali materi itu, kemarin kan ue di hukum suruh berdiri, mana sempat memperhatikan* dalam hati mengoceh
“Gimana? Tidak bisa?”
“Iya Laoshi”
“Duduk kamu!”, perintah Laoshi Kristine “hukuman kamu saya tambahkan menjadi 1500 kalimat, karena kamu sudah menulis 770 kalimat, kamu hanya perlu menulis 730 kalimat”
“Baik Laoshi”

          Kali ini pulang sekolah gue ngga mau santai-santai seperti kemarin. Gue mau serius belajar  and mengerjakan hukuman kalimat itu. Malu juga kalau begini terus, tidak akan datang terlambat lagi dan terkena hukuman.
*MOVE ON REXSA ABIELLA*
          Pagi cerah menyinari kamar ini, bergegas bangun siapkan diri menuju gudang ilmu.
“Pagi pa”, hari pertama Rexsa tidak datang terlambat dan hari itu Rexsa berngkat tanpa di temani Bella yg sudah datang terlebih dahulu.
‘Pagi neng, gitu doong eng Rexsa tidak terlambat lagi”
‘Iya pa, saya tidak mau datang telat lagi, kena hukum terus kenyang bisa nanti, eheheh”
~kelas~
“Rexsa bagaimana tugas mu apa sudah selesai?”
“Sudah Laoshi, ini”
“Bagus kalau seperti ini kamu kan tidak akan saya hukum”, Laoshi memberi senyum J
“Iya Laoshi”, dengan senyum J balasan untuknya

          Semenjak itu, gue berubah dan berkomitmen untuk tidak akan telat sekolah and tidak akan menerima hukuman dari guru-guru disekolah lagi. Katakan TIDAK pada MALAS ^_^




~THE END~


By. Utami Nia Susanti
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar